Cara Mengetahui Atau Menghitung Usia Kehamilan

Cara Mengetahui Atau Menghitung Usia Kehamilan
Dengan mengetahui usia kehamilan, ibu dapat mengetahui perkembangan janin dalam kandungan. Menghitung usia kehamilan bukan merupakan hal yang mudah. Biasanya cara mengetahui usia kehamilan berdasarkan patokan menstruasi yang datang setiap bulan. Namun bagi wanita yang menstruasinya tidak rutin pasti akan sulit untuk mengetahui usia kehamilan. Berikut ini akan saya jelaskan beberapa cara mengetahui usia kehamilan anda:
Berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT)
Penggunaan metode HPHT didasarkan pada  tanggal berapa haid anda yang terakhir. Selanjutnya tanggal itu akan diolah dengan menggunakan rumus Naegele yaitu tanggal terakhir haid +7, kemudian bulan haid – 3 serta tahun ditambah dengan angka 1. Jika ada bulan yang tidak bisa dikurangi tiga misalnya bulan Januari, bulan Februari, serta bulan Maret maka bulannya ditambahkan dengan 9, namun tahunnya tidak kurangi maupun ditambah.

Meski cara mengetahui usia kehamilan ini sering digunakan namun penggunaannya terbatas pada wanita yang memiliki siklus menstruasi yang memang teratur yaitu setiap 28 atau 30 hari sekali. Sayangnya, tidak semua wanita mengalami siklus haid demikian. 
Contoh perhitungan
Hari terakhir haid 5 januari 2015 / 5 – 1 – 15, maka:
tanggal menjadi 5(+7)        : 12
bulan menjadi 1 (9)        : 10
tahun tetap    (2015)        : 2015
jadi kemungkinan lahir buah hati anda lahir 12 Oktober 2015.
Mendeteksi gerakan dari janin
Jika anda merasakan gerakan janin dalam perut, maka kehamilan anda ada dalam usia 18 sampai dengan 20 minggu. Ini berlaku untuk mereka yang baru saja pertama kali hamil. Sedangkan pada kehamilan yang selanjutnya, janin akan mulai bergerak ketika usia kehamilan memasuki minggu ke 16 sampai 18.

Berdasarkan Fundus Uteri tau puncak rahim
Cara mengetahui usia kehamilan ini biasanya dilakukan oleh bidan ataupun dokter dengan cara meraba bagian fundus uteri atau rahim anda terutama pada wilayah yang menonjol di area dinding perut.  Metode penghitungan ini dimulai dari tulang pada kemaluan sang ibu. Jika jarak antara puncak rahim dan tulang kemaluan berkisar 15 cm berarti usia janin sudah sampai pada angka 15 minggu.
Sedangkan jika mencapai angka 36 cm maka usia janin sudah memasuki 36 minggu. Apabila berat badan ibu tetap normal, maka penghitungan usia janin bisa dilakukan dengan menggunakan teknik dengan dua jari. Pada umumnya tenaga medis akan menggunakan dua jarinya di antara tulang kemaluan dan perut anda, Jika puncak rahim sudah berada pada atas pusar, naiknya jari akan menunjukkan bertambahnya usia 4 minggu.

Ultrasonografi (USG)
Cara mengetahui usia kehamilan dengan USG paling sering dilakukan oleh dokter. Cara ini sangat akurat, dengan akurasi sekitar 95%. USG ini juga bisa menampilkan gambar 3 dimensi janin dalam perut ibu.

Nah itu tadi beberapa penjelasan cara mengetahui usia kehamilan anda. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kehamilan.
Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget