Inilah Cara Mengetahui Anda Hamil Atau Tidak

Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri, apalagi oleh mereka yang baru saja menikah. Banyak orang yang terlambat mengetahui kehamilan mereka, terutama mereka yang masa menstruasinya tidak teratur. Padahal wanita yang sedang hamil membutuhkan perhatian khusus dibandingkan wanita yang tidak hamil. 

Banyak cara mengetahui hamil atau tidak. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan atau yang kita kenal dengan nama lain test pack. Alat tes kehamilan bisa anda beli di apotek atau toko-toko obat terdekat. Namun, bagi anda yang memiliki masa menstruasi tidak teratur akan sedikit kesulitan menggunakan alat tes kehamilan karena anda harus menggunakannya secara berulang-ulang. 
 
Nah, untuk itu berikut ini saya jelaskan beberapa cara mengetahui hamil atau tidak :

  • Menggunakan alat tes kehamilan atau test pack
Alat tes kehamilan atau test pack tersedia dalam berbagai macam merk yang bisa anda dapatkan di apotek atau toko-toko obat terdekat. Test pack biasanya digunakan untuk mendeteksi kehamilan pada wanita yang memiliki masa menstruasi teratur. Test pack dapat mendeteksi kehamilan mulai dari satu hari setelah anda terlambat datang bulan.

cara mengetahui hamil atau tidak menggunakan alat ini cukup mudah, yaitu dengan mencelupkan test pack ke dalam air seni atau dengan meneteskan air seni ke ujung test pack. Kita bisa melihat hasilnya setelah menunggu beberapa saat sesuai dengan petunjuk penggunaan pada alat tersebut. Apabila hasil dari alat tersebut positif, berarti anda hamil, sebaliknya apabila hasilnya negatif berarti anda tidak hamil.
  • Melihat siklus haid
Jika anda biasanya mengalami siklus haid yang teratur, kemudian anda mengalami keterlambatan datang bulan, kemungkinan besar anda mengalami kehamilan.
  • Memperhatikan adanya implantation bleeding
Implantation bleeding adalah keadaan dimana bagian kewanitaan anda sedikit berdarah/ mengeluarkan bercak darah  tetapi anda tidak mengalami menstruasi.
  • Merasakan perubahan kesehatan anda
Salah satu tanda kehamilan adalah adanya perubahan kesehatan anda. Pada awal kehamilan, anda akan mengalami rasa pusing, lemas, mual, dan anda merasa cepat lelah dibanding biasanya walaupun anda tidak melakukan pekerjaan yang berat dan menguras tenaga.
  • Melihat bengkak pada payudara
Cara mengetahui hamil atau tidak  yang selanjutnya adalah melihat bengkak pada payudara. Bengkak pada payudara disebabkan karena anda mengalami peningkatan hormon pada saat kehamilan. Payudara anda akan terasa nyeri atau sakit dan payudara juga akan menjadi lebih besar karena mengalami pembengkakan.
  • Memperhatikan perubahan mood anda
Perubahan mood yang cepat bisa menjadi tanda kehamilan. Hal ini bisa terjadi karena perubahan hormon yang kemudian berpengaruh pada perubahan mood anda.

Dari penjelasan di atas, anda bisa menyimpulkan sendiri apakah anda hamil atau tidak. Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan anda tentang cara mengetahui hamil atau tidak. Jika anda yakin anda hamil, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk memastikan kesehatan anda dan bayi dalam kandungan anda.
Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget