Tips Merawat Bayi Baru Lahir Agar Selalu Sehat

Merawat bayi baru lahir bukanlah perkerjaan yang sangat mudah. Bayi baru lahir harus segera mendapatkan perlakukan yang ekstra dari Anda agar bayi bisa tumbuh sehat dan juga cerdas. Nah, perlakuan istimewa bayi apakah yang bisa Anda lakukan pada bayi yang baru lahir? Berikut ini tips merawat bayi baru lahir  :
Tips Merawat Bayi Baru Lahir Agar Selalu Sehat
Tips Merawat Bayi Baru Lahir Agar Selalu Sehat

Memberikan ASI Ekslusif
ASI adalah merupakan makanan terbaik bagi bayi saat baru lahir, karena mengandung colostrum dan zat-zat penting lain di dalam ASI yang bagus untuk imunitas dan tumbuh kembang bagi bayi.

Menjaga kebersihan badan, tempat tidur, serta pakaian si bayi
Menjaga kebersihan badan merupakan tips merawat bayi baru lahir yang pada dasarnya bisa dilakukan dengan cara memandikan atau menyeka bayi yakni dua kali sehari. Gunakan produk-produk khusus bayi yang tentunya terjamin aman, dari mulai sabun mandi, bedak, shampo, dan juga tissue basah.

Untuk pakaian, pastikanlah dicuci terlebih dahulu sebelum dipakai oleh bayi.  Cucilah pakaian bayi dengan detergen khusus bayi (cair) karena sabun tersebut tidak menyisakan residu di pakaian yang menjadi penyebab iritasi pad kulit dan hindari penggunaan softener. Pastikan juga kamar tidurnya bersih dan sirkulasi udaranya berfungsi dengan sempurna.

Merawat tali pusat bayi
Tali pusat bayi akan terlepas dengan sendirinya yakni dalam waktu sekitar 4 hari, tetapi pada kondisi tertentu lepasnya tali pusat bisa akan lebih lama, yakni bisa sampai 1 bulan. Cara merawat tali pusat merupakan hal yang sangat sulit bagi ibu baru. Intinya adalah, tali pusat harus tetap dijaga kebersihannya agar bayi terhindar dari berbagai resiko infeksi. Berikut adalah cara merawat tali pusat bayi :

Pastikan pada tali pusat dan daerah sekitarnya selalu kering dan juga higienis, agar terhindar dari berbagai macam infeksi dan jamur.

Hindarkan tali pusat dari kotoran bayi tersebut maupun air kencingnya.
Berikan perhatian khusus pada tali pusat dengan cara mensterilkan tali pusat dengan bahan kasa yang dibasahi dengan alkohol 70% dari pangkal hingga ke bagian ujungnya, lalu bungkus dengan kasa yang dibasahi alkohol secara rapi. Lakukan ini hingga tali pusat sudah benar-benar kering dan lepas dengan sendirinya.

Produk perawatan bayi
Tips merawat bayi baru lahir dengan memperhatikan produk perawatan bayi yaitu beralihlah pada kosmetika bayi yang terbebas dari bahan kimia. Dengan menghindarkan bayi dari bahan kimia seperti pengharum ataupun pelembut pada pakaian akan membuat bayi menjadi lebih sehat.

Jaga suhu tubuh bayi
tips merawat bayi baru lahir dalam menjaga suhu tubuh bayi yaitu dengan memakaikan bedong pada bayi, sarung tangan dan juga kaki, serta topi juga penting. Ada pendapat tentang menghangatkan bayi, maka bisa dipakaikan gurita. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar, karena penggunakan gurita justru akan menyiksa bayi dan akan membuatnya susah bernafas.
Selamat mempraktekkan tips merawat bayi baru lahir di atas.
Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget