Inilah Yang Menjadi Penyebab Mual Sat Hamil

Penyebab mual sat hamil - Kehamilan merupakan salah satu saat-saat yang ditunggu-tunggu oleh pasangan yang belum dikaruniai bayi/momongan tentunya. Sebentar lagi bukan hidup berdua, tapi sudah bertiga. Tentunya anda harus bisa membagi perhatian antara pasangan dan buah hati anda nantinya.
Inilah Yang Menjadi Penyebab Mual Sat Hamil
Inilah Yang Menjadi Penyebab Mual Sat Hamil

Namun rupanya ada masalah yang akan timbul sebagai wanita hamil muda alami, yaitu mual-mual dan juga muntah. Ini yang dinamakan dalam bidang kedokteran dengan istilah ‘ morning sickness ‘. Pada umumnya mual saat hamil terjadi pada kehamilan kurang dari 12 minggu (trimester I) maupun sampai dengan pada akhir trimester II, tapi ada juga (12%) yang mengalami hingga 9 bulan kehamilan.

Ibu hamil muda pada awalnya akan merasa tersiksa sekali yaitu karena perutnya seperti diaduk-aduk tidak karuhan, kepalanya pun pusing seperti vertigo/berputar-putar, nafsu makannya juga menurun, setiap kali dimasukin makanan pasti langsung mual dan muntah.

Pada umumnya penyebab mual sat hamil adalah bau yang menyengat. Ketika mencium bau yang agak menyengat, seperti bau parfum ataupun bau makanan, maka otomatis ibu hamil langsung mual-mual.

Berikut ini penyebab mual saat hamil :

Hormon estrogen yang meningkat
Meningkatnya hormon estrogen akan menjadikan kadar asam di dalam lambung semakin meningkat, sehingga akan menimbulkan rasa mual. Hal ini pada umumnya sering muncul pada pagi hari di saat perut dalam keadaan tidak terisi atau kosong sehingga akan mengakibatkan asam lambung menjadi meningkat.

Adanya faktor HCG

HCG adalah suatu hormon yang dihasilkan oleh plasenta pada awal kehamilan, dan diduga menjadi penyebab mual sat hamil tersebut. Namun keluhan mual dan muntah ini biasanya bisa mereda atau hilang sendiri yang seiring usia kehamilan yang semakin bertambah.
Perubahan metabolisme glikogen pada hati

Metabolisme inilah diduga menjadi penyebab mual sat hamil. Tetapi keluhan ini bisa hilang saat akan metabolisme glikogen terkompensasi di dalam tubuh.

Faktor psikolog
Jika seorang ibu yang sedang mengandung/hamil, atau belum siap untuk hamil, atau justru malah tidak ingin adanya kehamilan lazimnya maka bisa merasa tertekan. Dan ini lah yang menjadi salam satu penyebab mual sat hamil.

Namun pada dasarnya memang begitu, penyebab mual sat hamil sampai kini juga belum diketahui secara pasti. Salah satu kemungkinan paling utama adalah hormon HCG yang terlalu berlebihan. Mungkin juga karena adaptasi ibu hamil pada hormon-hormon yang timbul selama mengandung/hamil kurang baik.

Kemampuan beradaptasi pada ibu hamil, nyatanya ini memang sangat indiviudal seperti halnya pada reaksi alergi. Ibaratnya kalau kita makan udang, ada orang yang makan udang sedikit saja sudah alergi, tapi ada juga yang bisa makan udang sampai banyak tanpa reaksi apa pun pada tubuhnya.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab mual sat hamil. Semoga artikel ini juga menjadi bermanfaat bagi para ibu hamil.
Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget